Langsung ke konten utama

METODE PENELITIAN



Metodologi Penelitian


Kegiatan yang bersifat ilmiah selalu menggunakan metode penelitian yang tepat supaya memperoleh hasil yang dapat dipertanggung jawabkan secara obyektif. Metodologi penelitian berasal dari kata “metode” yang artinya cara yang tepat untuk melakukan sesuatu dan “logos” yang artinya ilmu/pengetahuan. Jadi metodologi adalah cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara saksama untuk mencapai suatu tujuan (Narbuko, 2003:1).


Penelitian adalah suatu kegiatan untuk mencari, mencatat, merumuskan dan menganalisis sampai menyusun laporannya. Jadi metodologi penelitian adalah ilmu mengenai jalan yang dilewati untuk mencapai pemahaman, harus ditetapkan secara bertanggung jawab ilmiah dan data yang dicari untuk memperoleh pemahaman harus melalui sarat ketelitian (Narbuko, 2003:3).

Penelitian yang sering penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Narbuko (2003:44) menjelaskan bahwa penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data dengan tujuan untuk pemecahan masalah secara sistematis dan faktual mengenai fakta-fakta maupun sifat-sifat populasi. Sedangkan menurut Purwanto (2010:177) penelitian deskriptif adalah penelitian yang hanya melibatkan satu variabel pada satu kelompok, tanpa menghubungkan dengan variabel lain atau membandingkan dengan kelompok lain. Adapun pendekatan yang digunakan adalah penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Menurut Taylor dalam Pendit (2003:194) dirumuskan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bertujuan menyajikan gambaran (diskripsi) tentang sebuah fenomena secara valid dan objektif. Dalam penelitian ini kualitas diskor ke dalam angka kuantitatif dalam pengumpulan dan analisis datanya (Purwanto, 2010:16).





Daftar pustaka:
-Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
-Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
-_______. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
-Dariyo, Agus. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.
-Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
-Kamah, Idris, dkk. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
-Megaton, Yuri, dkk. 2003. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling Untuk SLTA. Jakarta: Sanggar Bimbingan Konseling DKI Jakarta.
-Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
-Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
-Nasution. 2008. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
-Nugraha, Aditya, dkk. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
-Pendit, Putu Laxman. 2003. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: JIP-FSUI.
-Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
-Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Qolyubi, Shihabuddin, dkk. 20003. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Fakultas Adab.
-Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
-Sevilla, Consuelo G., dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.
-Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Peilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
-Siregar, Syafaruddin. 2005. Statistik Terapan. Jakarta: PT. Grasindo.
-Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
-Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
-Sujana, Janti G. 2004. Dinamika Perpustakaan IPB menuju Universitas Riset. Bogor: IPB Press.
-_______. 2005. Perkembangan Perpustakaan di Indonesia. Bogor: IPB Press.
-Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
-Supriyanto, Wahyu dan Ahmad Muhsin. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanipius.
-Surakhmad, Winarno. 1992. Dimensi Metodologis Dalam Penelitian Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.
-Tjiptono, Fandy dan Totok Budi Santoso. 2000. Strategi Riset Lewat Internet. Yogyakarta: Andi.
-Ustadiyanto, Riyeke dan Silvia Ratna Arini. 2002. Strategi Serangan Internet Marketing. Yogjakarta: Andi.
-Utomo, Agus Setyo. “Upaya Perpustakaan Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat”. Dalam buletin FKP2T, Th.III No.2 Juli-Desember 1998

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERBITAN PEMERINTAH (Makalah)

Perpustakaan merupakan salah satu unsur penunjang dalam mendukung penyebaran informasi kepada seluruh pihak yang membutuhkan. Sehingga peran dari sebuah perpustakaan adalah sangat penting sekali, karena menjadi pusat dari penyebaran informasi itu sendiri. Salah satu sumber informasi yang harus disediakan dan tidak bisa diabaikan adalah Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional. Koleksi terbitan pemerintah mencakup publikasi pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Indonesia, baik legislatif, yudikatif/eksekutif, maupun, dari departemen atau lembaga pemerintah non departemen. Suatu terbitan pemerintah biasanya dicetak atas biaya dari pemerintah, diterbitkan oleh badan-badan pemerintah dan pada umumnya berisi hal-hal yang berkaitan dengan masalah pemerintah dan kepentingan umum . Menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional didefinisikan sebagai tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh

Lirik Lagu Tiada Rela (Astrid)

Aku masih disini masih ada buatmu Tapi engkau lari Lari dari hatiku Entah mengapa aku Masih pikirkanmu... Sungguh aku tiada rela Hidup tanpamu dimasa depanku Sungguh aku tiada mungkin Menemukan yang seperti kamu   Adakah aku sudah tumbang dari hatimu Terus kubertanya... Ataukah masih ada setitik harapanku Kembali padamu *  Sungguh aku tiada rela     Hidup tanpamu dimasa depanku     Sungguh aku tiada mungkin     Menemukan yang seperti kamu (*) Menemukan yang…  Seperti kamu… Tiada Rela -- Astrid