Langsung ke konten utama

Abstract Faktor-faktor Yang Memotifasi Pemustaka Ke Perpustakaan

Hasil Penelitian:


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perpustakaan sebenarnya dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang memotivasi pemustaka ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian anggota Perpustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam nilai prosentase tiap butir item. Hasil dari penelitian ini adalah: 


(1) Kondisi sebenarnya dengan mengacu pada SNI Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota nomor 7495:2009 adalah jumlah koleksi buku perpustakaan sudah memenuhi standar, gedung perpustakaan dengan luas sekurang-kurangnya 600 m²  masih belum tercapai, sumber Daya Manusia, jam layanan dan sistem keanggotaan perpustakaan sudah memenuhi standar namun perpustakaan belum menerapkan teknologi informasi dalam memberikan layanan sirkulasi dan baru sampai pada tahap perencanaan. Sampai saat ini layanan sirkulasi masih menggunakan layanan manual. 
(2) Faktor-faktor yang memotivasi pemustaka ke perpustakaan lebih dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik yaitu pada indikator layanan sebesar 72,5%, yaitu kemudahan dan kesesuaian proses untuk menjadi anggota perpustakaan. Sedangkan pada motivasi instrinsik indikator minat membaca yaitu manfaat membaca (65,9%) ikut mempengaruhi motivasi pemustaka ke perpustakaan. Selain itu pada indikator  koleksi mendapatkan penilaian negatif yaitu tentang kemutakhiran koleksi (50,5%) dan jenis koleksi (52,7%) sebagian besar menyatakan tidak setuju jika koleksi yang ada di perpustakaan sudah sesuai dengan perkembangan informasi di masyarakat. Kantor Perpustakaan masih harus memperbaiki koleksi yang dimilikinya supaya dapat lebih memotivasi minat berkunjung masyarakat ke perpustakaan.

Kata  kunci : motivasi, perpustakaan umum
Penulis (red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERBITAN PEMERINTAH (Makalah)

Perpustakaan merupakan salah satu unsur penunjang dalam mendukung penyebaran informasi kepada seluruh pihak yang membutuhkan. Sehingga peran dari sebuah perpustakaan adalah sangat penting sekali, karena menjadi pusat dari penyebaran informasi itu sendiri. Salah satu sumber informasi yang harus disediakan dan tidak bisa diabaikan adalah Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional. Koleksi terbitan pemerintah mencakup publikasi pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Indonesia, baik legislatif, yudikatif/eksekutif, maupun, dari departemen atau lembaga pemerintah non departemen. Suatu terbitan pemerintah biasanya dicetak atas biaya dari pemerintah, diterbitkan oleh badan-badan pemerintah dan pada umumnya berisi hal-hal yang berkaitan dengan masalah pemerintah dan kepentingan umum . Menurut American Library Association Glossary of Library and Information Science Terbitan Pemerintah dan Badan Internasional didefinisikan sebagai tiap terbitan yang berasal dari, diterbitkan oleh

Lirik Lagu Tiada Rela (Astrid)

Aku masih disini masih ada buatmu Tapi engkau lari Lari dari hatiku Entah mengapa aku Masih pikirkanmu... Sungguh aku tiada rela Hidup tanpamu dimasa depanku Sungguh aku tiada mungkin Menemukan yang seperti kamu   Adakah aku sudah tumbang dari hatimu Terus kubertanya... Ataukah masih ada setitik harapanku Kembali padamu *  Sungguh aku tiada rela     Hidup tanpamu dimasa depanku     Sungguh aku tiada mungkin     Menemukan yang seperti kamu (*) Menemukan yang…  Seperti kamu… Tiada Rela -- Astrid